Home
Narrow screen resolution Wide screen resolution default color green color orange color
Acara Penutupan bulan Rosario Lingkungan Mikael Wilayah Gabriel Print E-mail

Bulan Oktober oleh seluruh Gereja Katolik, diakui sebagai bulan Rosario, yaitu bulan dimana umat kembali diingatkan untuk menghormati / berdevosi kepada bunda Maria, bunda Tuhan, bunda kita semua, yakni sosok yang patut diteladani sebagai ‘umat beriman yang sejati’.

Doa Rosario Lingkungan sudah menjadi tradisi tahunan di semua wilayah lingkungan kami, untuk diadakan di rumah beberapa orang umat. Dan puji kepada Tuhan, kalau pada tahun ini, yang semula rencananya hanya akan diadakan satu minggu dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis, ternyata umat memberikan respon positif, untuk mengadakan pertemuan Doa Rosario Lingkungan setiap hari. Dari perbincangan dengan beberapa umat, bahwa kalau di daerah – daerah, justru umat berkumpul setiap hari untuk berdoa Rosario. Maka mulai pertengahan bulan hingga akhir bulan, Doa Rosario Harian Lingkungan Mikael dapat terlaksana.

Menjelang akhir bulan Rosario, yang bertepatan pada hari Minggu, 30 Oktober 2011, diadakan pula Acara Penutupan Bulan Rosario Lingkungan Mikael di Gereja St. Yakobus Rasul, Mega Mendung. Acara ini diikuti oleh 26 peserta, dengan mengkoordinir 6 kendaraan pribadi. Waktu keberangkatan yang cukup tepat waktu, yaitu pk. 06.00 pagi, sehingga kami semua dapat tiba di tempat dengan selamat dan tanpa kekurangan suatu apa pun, dalam waktu kurang lebih 1 (satu) jam. Cuaca cerah yang juga sangat mendukung, sehingga kami dapat melangsungkan kegiatan ‘Jalan Salib’ yang rencananya memang akan kami lakukan sebelum ‘Misa’ pk. 09.00.

Sungguh semuanya adalah penyelenggaraan Tuhan, karena tepat pada saat kami selesai Jalan Salib dan memasuki gereja, dimana sebagian umat paroki sudah mulai berdatangan mengisi tempat-tempat yang masih kosong, tepat pada saat itu pula Doa Rosario yang didaraskan setiap kali sebelum Misa hari Minggu selama bulan Rosario ini dimulai.

Misa dipimpin oleh Romo Marcus Santoso, Pr., sebagai Romo satu-satunya yang melayani di gereja paroki St. Yakobus Rasul, Mega Mendung. Namun pada kesempatan ini Romo Marcus didampingi oleh romo tamu yaitu Romo Benny. Romo Marcus yang memberikan kesan sangat ramah serta humoris ini mengatakan bahwa paroki St. Yakobus Rasul adalah salah satu dari 2 (dua) gereja yang terdapat di wilayah wisata, selain dari paroki di Cipanas. Umat paroki Mega Mendung sangat bersyukur atas kasih Tuhan melalui uluran tangan para donator, sehingga dapat menyelesaikan renovasi tempat doa ‘Jalan Salib’ dan ‘Goa Maria (Taman Doa Adem Ayem)’ beserta ‘Rumah Pastoran’ yang baru, yang rencananya akan diberkati oleh Uskup Bogor dalam minggu pertama bulan November.   

Pada kesempatan ini, diperkenalkan pula oleh Romo bahwa koor yang melayani berasal dari wilayah Cibinong, serta diperkenalkan untuk minggu selanjutnya akan dilayani oleh koor wilayah Depok. Dapat terlihat, bahwa cakupan paroki ini cukup luas. Dan walaupun jarak dengan gereja yang relative jauh, tapi masih banyak yang semangat mau melayani, terbukti dari jumlah anggota koor yang cukup banyak dan semangat dalam menyanyi.

Jadwal Misa setiap hari minggu khususnya minggu I (pertama) dilanjutkan dengan Adorasi, namun pada kesempatan ini bertepatan pada minggu IV (keempat). Setelah doa komuni, Romo meminta umat untuk masuk dalam suasana hening sambil memegang dada masing-masing dengan tangan kiri, untuk menyadari Yesus yang telah ada di dalam diri kita masing-masing, Romo membawa umat untuk melakukan ‘Doa Yesus’, menyerukan nama Yesus dengan penuh iman, harap dan kasih, sambil diiringi lagu ‘Yesus… Yesus…’. Doa yang singkat, namun dapat membawa umat sungguh-sungguh masuk dalam hadirat Tuhan, merasakan kuasa kasih Tuhan yang sungguh-sungguh nyata dalam kehidupan umat semuanya.

Lingkungan Mikael masih melanjutkan acara santap siang bersama di restaurant ‘Bale Cipayung’ yang sangat nyaman, karena dikelilingi oleh taman yang masih sangat asri dan makanan yang lezat, ditambah lagi, tamu yang hadir masih didampingi oleh musik live country (country road, baby blue…). Udara yang sejuk dengan sinar matahari yang masuk di cela-cela dedaunan rindang, dan angin sepoi-sepoi, ditemani pula oleh burung-burung sriti yang tidak takut mendekati para tamu yang berdatangan di Bale Cipayung ini dengan terbang rendah dan kupu-kupu yang berterbangan, sungguh-sungguh melengkapi suasana sukacita dan damai yang kami rasakan setelah perayaan Ekaristi tadi.

Sebagian umat ada yang melanjutkan acara masing-masing, namun sebagian besar umat dapat tiba di rumah masing-masing pada pk. 14.00. Waktu yang tersita tidak terlalu banyak, namun dapat diisi dengan kebersamaan dengan saudara-saudari di Lingkungan Mikael ini di dalam Tuhan. Dan semuanya terlaksana adalah berkat dukungan / partisipasi umat, yang kesemuanya adalah diperuntukkan bagi umat lingkungan Mikael pula. Sampai jumpa di acara Lingkungan Mikael berikutnya.

St. Mikael doakanlah kami….. Damai dan sukacita Tuhan selalu menyertai…..<**yona>

penutupan bulan rosario.jpg

  ( Untuk Seksi / Wilayah / Lingkungan yang akan muat liputan kegiatan silakan email ke This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it )

 
< Prev

Newsflash


PERUBAHAN JAM MISA MINGGU PUKUL 18.30 MENJADI 19.00 - Dewan Paroki memutuskan bahwa terhitung mulai bulan September 2014 dan seterusnya, 
Read more...
 

Lembar Informasi Paroki






WKRI Cab.St Andreas


Google Maps Gereja St.Andreas - Paroki Kedoya

Follow

Events Calendar

« < December 2014 > »
S M T W T F S
30 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31 1 2 3
penghijauan.gif

Support by :

Advertisement